JUKLAK OSN dan O2SN-SMP Tahun 2018

Written By Sungai Lembu on 02 February 2018 | 10:57 AM

Best Adsense Alternative

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan wadah bagi siswa dalam mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui bidang sains. Ini melalui proses pembelajaran sains di sekolah untuk memberikan dampak positif dalam peningkatan mutu pendidikan sains yakni bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama berusaha memberikan inovasi dalam peningkatan mutu pendidikan pada OSN SMP yakni pada periode 2003 s.d. 2009, bidang yang dilombakan pada OSN meliputi 3 bidang utama: Matematika, Biologi, dan Fisika.

Pada tahun 2010, Direktorat Pembinaan SMP memasukkan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam bidang yang dilombakan pada OSN. Sehingga sejak tahun 2010 s.d. 2015 bidang OSN SMP yang dilombakan adalah 4 (empat) bidang. Dengan adanya kurikulum 2013, Bidang Fisika dan Biologi digabungkan menjadi satu bidang dengan nama Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada tahun 2015. Sehingga mulai tahun 2015 s.d. 2018 bidang lomba meliputi 3 bidang yakni Matematika, IPS, dan IPA.

Perubahan yang terjadi ini dimaksud untuk memotivasi dan menumbuhkembang kan atmosfer kompetisi serta mendorong pihak-pihak yang berwenang untuk memberikan ruang belajar, memfasilitasi dan menstimulus para siswa dan guru yang berprestasi dan memiliki bakat minat pada sains agar meningkatkan kemampuan akademisnya dengan berpartisipasi pada OSN SMP tahun 2018.
Selengkap tentang JUKLAK OSN-SMP ini bisa download disini


Selengkap tentang JUKLAK O2SN-SMP ini bisa download disini

Ditulis Oleh : Sungai Lembu ~Kabar Pendidikan

Admin Anda sedang membaca artikel berjudul JUKLAK OSN dan O2SN-SMP Tahun 2018 yang ditulis oleh Kabar Pendidikan : Dan diperbolehkan mengcopy paste artikel ini dengan mencantumkan link kami

Blog, Updated at: 10:57 AM

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung
Di Blog Kami
Silakan Tinggalkan Komentar Anda