Berbagi Informasi Untuk Semua

21 November 2015

Mendikbud: Kemuliaan Guru tak Bisa Dirupiahkan

Sebanyak 33 Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Mereka terpilih dari 901 GTK seluruh Indonesia sebagai yang berprestasi dan berdedikasi secara nasional.

Direktur Jenderal (Dirjen) GTK, Kemendikbud, Sumarna Surapranata menjelaskan, seluruh finalis mendapatkan uang sebesar Rp 5-10 juta per finalis. Mereka juga memperoleh laptop sebagai penunjang guru dalam kegiatan belajar mengajarnya.

Untuk para pemenang, pria yang biasa disapa Pranata ini menjelaskan, juara tiga mendapatkan penghargaan sejumlah Rp 20 juta. Sementara juara kedua memperoleh materi Rp 25 juta, dan juara pertama menerima penghargaan sebanyak Rp 30 juta.

Dari sejumlah pemenang ini, Pranata mengungkapkan, Jawa Tengah merupakan daerah yang paling banyak mendapatkan penghargaan, yakni 20 orang. Posisi dua ditempati Jawa Timur, lalu Jawa Barat, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pada kesempatan sama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memberikan apresiasi luar biasa yang diterima para GTK dari seluruh Indonesia ini. “Sebenarnya apa yang bapak dan ibu lakukan selama ini tidak bisa dirupiahkan,” ujar Anies saat pemberian penghargan terhadap GTK berprestasi dan berdedikasi secara nasional 2015 di Kemendikbud, Jakarta, Sabtu (21/11). 

Ia juga meminta agar para guru untuk tidak pernah berencana merupiahkan segala yang dilakukan sebagai pendidik bangsa. Menurut Anies, kemuliaan guru yang dilakukan selama ini tidak bisa diukur dengan rupiah. Kalaupun ada pihak yang ingin merupiahkan, maka nilai kemuliaan mereka pun mengalami penurunan. 

Ia berharap apa yang diterima para guru ini bisa menjadi amanat bagi mereka. Sehingga bisa mengembangkan diri ke depannya sebagai pihak yang mendapatkan kepercayaan dari bangsa. “Karena itu saya percaya bahwa bapak dan ibu di sini merupakan permata-permata Indonesia,” kata Mantan Rektor Universitas Paramadina ini.

Sumber : http://www.republika.co.id/

Pengikut

Popular Posts

Popular Pos Bulan ini

Blog Archive

Total Pageviews

Powered by Blogger.